-->

Penyebab Jerawat Betah di Wajah, termasuk Dietary!

Hayo siapa suka sebel kalo udah usaha kempesin jerawat pakai obat jerawat tapi jerawatnya masih betah di wajah? Iya pasti hampir setiap insan manusia yang sukanya memperhatikan penampilan selalu terganggu dan super nggak nyaman kalo jerawat muncul. Bener apa bener?

taken from : revista caseme

Jerawat bisa muncul nggak cuma karena masalah hormonal atau karena dalam perawatan wajah berupa purging, tapi juga karena beberapa hal yang nggak kita sadari di lingkungan sekitar. Plus, ada pandangan dari kebiasaan tertentu yang ternyata bisa berdampak jerawat masih terus singgah di wajah kita.

Lantas, apa aja sih beberapa hal dari kita yang nggak kita sadari berpengaruh banget sama betahnya jerawat di wajah kita?

1. Polusi Udara
Berbagai jenis polusi udara mulai dari asap pabrik sampai rokok sekaligus pun bisa menyebabkan jerawat terus betah di wajah kalian. Karena di kawasan perkotaan atau pinggiran kota biasanya banyak terdapat pabrik industri besar dan kepadatan manusia yang sering lalu-lalang kendaraan bermotor yang menimbulkan asap dan zat-zat kotor pemicu jerawat plus betahnya jerawat di wajah kita, kita sebagai cewe-cewe perlu menjaga kebersihan wajah supaya wajah kita nggak kotor akibat polusi udara.

taken from : shutterstock

Eits, tapi dalam menjaga kebersihan wajah jangan terlalu sering mencuci muka ya, kenapa? Yuk liat poin 2 ya!

2. Terlalu sering mencuci muka
Kalian mengganggap kalau abis keluar di jalanan (walaupun cuma ke minimarket depan pintu gerbang perumahan) itu pasti bikin kotor wajah, bukan? Sebenarnya, terlalu sering mencuci muka bisa membuat hilangnya minyak alami di kulit wajah kita, dan secara langsung wajah akan makin berproduksi minyak lebih banyak lagi sehingga jerawat yang udah ada di wajah bukannya hilang malah makin betah dan bertambah.

taken from : allure

Jadi, kuncinya adalah, cukup dengan mencuci muka 2 kali dalam sehari.

3. Dietary
Lah ko bisa sih dietary mempengaruhi betahnya jerawat di wajah? Nah, sepengalamanku, jerawat di sebelah kanan pipiku ini masih betah sampai sekarang walaupun sudah diolesi obat jerawat tapi tak kunjung kempes-kempes atau minimal hilang dan memudar di wajah lah ya. Usut punya usut, dietary makan yang berantakan bisa membuat wajahku di pipi sebelah kananku makin betah.

taken from : scitechdaily


Dietary yang hampir setiap hari makan ayam dan kol goreng yang banjir minyak, atau jarang makan sayur dan buah, serta kesukaanku pada minuman yang manis-manis, menambah waktu lebih lama untuk jerawat tetap singgah di wajahku. Bukan berarti kita nggak bisa makan makanan yang macam minyak dan harus digoreng, bukan, tapi hindari makanan dengan minyak yang terlalu berlebihan.

So, aku atasi semuanya dengan :
- mengurangi kebiasaan makan apapun yang banjir minyak terlebih dahulu karena makanan dengan banjir minyak adalah faktor utama dari kelebihan produksi kelenjar minyak yang berdampak pada betahnya jerawat di wajah.
- mengurangi konsumsi minuman dan makanan yang manis, karena glukosa memicu naiknya kadar insulin dimana jerawat menjadi betah di wajah kita

3. Jarang keramas
Aku sempet mengamati adik kandungku dimana dia itu laki-laki. Selain itu, cowokku pun termasuk laki-laki. Dalam hatiku sering bergumam, "Kenapa sih laki-laki wajahnya jarang ada yang jerawatan parah?" Itu karena laki-laki selain rambutnya pendek dan jarang menyentuh wajah aka beda sama cewek dan mereka hobi banget keramas. Gerah dikit, keramas. Berkeringat sedikit, keramas. Lepek, ya keramas. Ketombe muncul, langsung keramas. Habis olahraga, ya keramas.

"Intinya, dari keramas itulah mereka, kaum adam, 
jarang ada yang jerawatnya separah cewe-cewe."

Kalo kalian sebagai cewe-cewe itu malas keramas, ah tinggal pakai dry shampoo atau bedak bayi ajalah biar nggak lepek, kalian salah, girls.

taken from : the list

Dengan jarang keramas, rambut kalian kan kotor tuh, nah rambut yang kotor inilah jadi sebab utama kenapa jerawat betah di wajah.

4. Jarang cuci sprei dan sarung bantal
Hayo siapa yang semenjak kos jadi ga punya waktu untuk cuci sprei dan sarung bantal? Kebiasaan kalian inilah yang bikin jerawat terus betah dan singgah di wajah kalian.

taken from : aliexpress

Kalian tau nggak sih, debu itu nggak cuma menempel di atas lemari, meja, atau rak buku aja, tapi juga di atas sprei dan sarung bantal. Selain itu, sarung bantal adalah tempat di mana rambut kita tergeletak di sana, bukan? Sudah jarang keramas, rambutnya kotor, nempel di sarung bantal, aduh duh gimana jerawat nggak mau pergi dari wajah ya.

Solusinya adalah kalian bisa cuci sprei 1 minggu sekali dan kalau kalian sempet nih bisa cuci sarung bantal setiap 3 atau 4 hari sekali.

5. Layar ponsel kotor
Di mall, pegang ponsel. Habis makan, pegang ponsel. Di jalan, pegang ponsel. Angkat telpon, eh ponselnya yang kotor menyentuh kulit wajahmu. Udah gitu, di sebelah kanan ada jerawat bahkan sekumpulan jerawat yang nggak ilang-ilang. Nah, ponsel yang kotor inilah menjadi pemicu jerawat nggak mau moveon dari wajah kita.

taken from : edgy lab

Solusinya adalah, bersihkan layar ponsel dari kotoran dan debu serta sebelum dan sesudah memegang ponsel, pastikan tangan kalian bersih ya.

6. Menutupi jerawat dengan makeup yang full coverage
Ini nih, saking sebelnya jerawat nggak mau moveon dari wajah, kita dengan enaknya menutupi kekurangan kita dengan makeup yang full coverage. Tau nggak sih, makeup yang full coverage ini belum tentu aman dan mengandung bahan hypoallergenic dan comedogenic.

taken from : youtube

Jadi, kita perlu pilah-pilah kapan saatnya pakai makeup full coverage dan cari makeup full coverage yang sebisa mungkin mengandung 2 bahan di atas tadi yaitu hypoallergenic dan comedogenic.

Selain itu, kita HARUS MEMBERSIHKAN wajah kita sebersih mungkin setelah memakai makeup yang berlebihan.

Jadi gimana?
Sudah siap memberantas jerawat yang nggak mau moveon dari wajah?

Baca Juga:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Jerawat Betah di Wajah, termasuk Dietary!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel