-->

Ini 5 Bahan Campuran Masker Murah dan Mudah, Termasuk Susu!

Hai girls. Long time no see ya.. Udah lama banget aku belum update, sekitar +- 1 minggu yang lalu. Kalian udah tau belum kalo ini loh ada 5 lipstik ternggak baik versiku?? Kalo kalian belum tahu, klik di sini ya!

Oh iya, akhir-akhir ini aku suka banget pakai masker organik. Biasanya, masker organik itu bentuknya bubuk yang harus diracik sendiri komposisi maskernya supaya jadi masker yang sesuai kadar kekentalan atau kadar yang kalian inginkan. Nah, untuk aku pribadi suka banget sama masker yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Kalo terlalu kental, biasanya bubuknya belum kena air semua, jadi macem masih menggumpal itu atau jadi buletan masker yang mengganjal ketika dioleskan ke wajah pakai kuas. Tau kan ya masker menggumpal itu seperti apa? Di sisi lain, kalo maskernya terlalu cair, aku juga ga suka, karena maskernya langsung netes-netes ketika diaplikasikan ke wajah.


Berikut ini aku rangkum 5 bahan campuran masker untuk masker bubuk kalian! Yuk disimak.

1. Madu
Kenapa nomer satu itu madu? Madu ini bermanfaat banget untuk menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Buat kalian yang belum tahu, madu ini nggak cuma untuk campuran masker bubuk loh girls. Biasanya, orang-orang menggunakan madu untuk campuran masker organik non bubuk seperti oatmeals, tomat, dan pisang.

from : almrsal.com

Berikut ini aku kasih resep ya untuk mencampurkan madu dengan masker.

- Masker bubuk seperti masker organik dan atau bubuk kopi.
Caranya : ambil 1 sendok teh atau setengah sendok makan masker organik atau bubuk kopi, letakkan di wadah atau mangkok masker kalian. Lalu ambil 1 sendok makan madu dan aduk merata. Bila dirasa masih terlalu cair, silakan tambahkan 1/2 sendok teh atau 1/4 sendok makan masker organik atau bubuk kopi lagi sampai masker dirasa pas
untuk diaplikasikan di wajah.

- Masker non bubuk seperti oatmeals
Caranya : ambil 2 sendok teh atau 1 sendok makan oatmeals, letakkan di wadah atau mangkok masker. Lalu ambil 1 sendok makan madu dan aduk merata.

- Masker non bubuk seperti tomat
Ada 2 cara dalam mengolah masker organik tomat dan madu, yaitu digerus (ditumbuk) dan diblender.

Digerus atau ditumbuk : iris 1 tomat menjadi 2 bagian, ambil 1 bagian dari irisan tomat tersebut dan letakkan di mangkok masker. Gerus/tumbuk perlahan dengan menggunakan sendok makan.
Setelah dirasa tumbukannya halus atau setengah halus (masih ada serat-serat kulit tomat), tambahkan 1 sendok teh madu atau setengah sendok makan madu, campurkan dengan tomat yang sudah ditumbuk.

Diblender : letakkan 1 tomat dan 1 sendok makan madu di dalam blender. Nyalakan blender dengan kecepatan rendah atau pencet tombol 1. Tunggu sampai adonan terlihat setengah halus dan kasar (halus tapi masih terlihat kulit tomat yang kasar). Matikan blender lalu taruh di dalam mangkok masker kalian.

- Masker non bubuk seperti pisang
Ada 2 cara dalam mengolah masker organik pisang dan madu, yaitu digerus (ditumbuk) dan diblender.

Digerus atau ditumbuk : Jika ukuran pisang panjang seperti pisang ambon, gunakan separuh bagian saja. Tambahkan madu sebelum digerus atau ditumbuk sebanyak 1 sendok teh madu atau setengah sendok makan madu. Gerus atau tumbuk bersamaan hingga terlihat teksturnya menjadi seperti bubur pisang.

Diblender : Jika ukuran pisang panjang seperti pisang ambon, gunakan separuh bagian saja. Tambahkan madu sebelum digerus atau ditumbuk sebanyak 1 sendok teh madu atau setengah sendok makan madu. Blender dengan kecepatan paling rendah atau tekan tombol 1. Tunggu sampai campuran pisang dan madu menjadi adonan berbentuk bubur. Matikan blender, dan masker siap digunakan.

2. Susu
Susu adalah salah satu bahan yang mudah banget ditemui di sekitar kita. Ada susu bubuk, susu cair, susu UHT, susu murni, sampai susu bear brand (yah sebut merk maap). Oh iya susu ini bermanfaat untuk kalian yang lagi program brightening sekaligus whitening. Kok double sih? Iya, jadi buat kalian yang pengen kulitnya cerah sekaligus putih karena kulitnya belang kelamaan di bawah sinar matahari, cocok banget pakai susu sebagai campuran masker kalian.

from : washingtonpost.com

Untuk bahan campuran masker bubuk, caranya simple banget.

  1. Ambil masker bubuk kalian sesuai takaran yang kalian biasa pakai.
  2. Letakkan masker bubuk di wadah atau mangkok masker kalian. 
  3. Ambil 1-2 sendok makan susu dalam bentuk cair.
  4. Campurkan sampai masker itu dirasa pas (tidak terlalu gumpal atau kental dan tidak terlalu cair)

Kalo maskernya masih dalam bentuk bubuk, ya susah buat jadi campuran masker :( sama-sama bubuk sih, jadi susu bubuknya harus diubah jadi susu cair dulu ya.

Dan untuk dapat hasil maksimal wajah putih kinclong cerah bercahaya, bisa banget pakai masker bubuk yang khasiatnya memutihkan mencerahkan wajah dicampur dengan susu.

3. Putih telur
Sebenernya susah-susah gampang sih kalo putih telur dipakai untuk masker. Jadi gini, untuk anak kos emang agak susah kalo pakai putih telur walaupun barangnya ada di sekitar kita. Ko bisa? Semua itu bisa terjadi karena terhalang ga ada kulkas di kos, kulkasnya ga boleh dibuat naruh masker (ada loh kosan yang begini, kayak kosku yang lama dulu itu) atau emang hawanya mager dan rempong buat misahin putih telur dengan kuning telurnya.

from : thehealthybear.com

Lalu apa sih manfaat putih telur ini? Nah ini dia nih manfaat putih telur. Selain bisa mengencangkan kulit wajah, kalian bisa pakai putih telur untuk mencabut komedo dari wajah kalian. Enak ya, udah bahannya gampang ditemui, bisa cabut komedo tanpa perlu facial ke klinik kecantikan. Tapi, kelemahannya, kalo maskeran cuma pakai putih telur buat kalian yang ga kuat bau amisnya bakalan ga nyaman pakai masker ini. Makanya di artikel ini aku jadikan campuran masker bubuk supaya mengurangi bau amisnya.

- masker bubuk charcoal
Dengan mencampurkan putih telur dan masker bubuk charcoal, kamu akan mendapatkan manfaat yaitu bye bye komedo membandel dan charcoal cocok untuk kulit kalian yang berjerawat
atau dalam program menuntaskan jerawat serta bekas noda jerawat.

- masker bubuk green tea
Campuran bubuk green tea dan putih telur cocok banget untuk kalian yang kulitnya sensitif tapi pengen banget cabut komedo karena komedonya ngganggu banget.

- masker bubuk saripohatji / ertos / apapun merknya yang khasiatnya memutihkan wajah
Jadi untuk kalian yang kepengen wajahnya putih mulus kinclong bebas komedo, bisa banget loh kalian mencampurkan masker bubuk saripohatji / ertos / apapun merknya yang berkhasiat memutihkan wajah
dengan putih telur untuk mengangkat komedo.

Trus gimana caranya bikin masker komedo sesuai dengan khasiat dari masker bubuk yang kalian punya atau inginkan?

Bahan :

  • 1-2 sendok makan masker bubuk (Sesuai dengan khasiat yang kalian punya atau inginkan)
  • 1 mangkok putih telur
  • 2-3 lembar tissue

Caranya :

  1. campurkan putih telur dan masker bubuk di dalam wadah masker. 
  2. kocok atau aduk hingga merata. 
  3. siapkan lembaran tissue yang sudah dipotong-potong atau disobek-sobek ukuran minimal 3 x 5 cm.
  4. kuaskan adonan masker (putih telur dan masker bubuk) ke wajah kalian
  5. tempelkan potongan tissue di atas wajah yang sudah dioleskan adonan masker tadi.
  6. ulangi sampai terasa tissue cukup tebal untuk dikelupas 
  7. tunggu hingga mengering
  8. kelupas masker dan lihat hasilnya

4. Cuka apel
Akhir-akhir ini booming banget cuka apel sebagai toner dan campuran masker. Dikarenakan cuka apel ini cukup keras untuk wajah, kalian bisa mencampurnya 1 : 1. Sekarang, sudah banyak jasa share in bottle cuka apel murni dan campuran cuka apel dengan air. Karena yang tahu kadar sensitivitas kulit wajah kalian hanya kalian, aku akan kasih tips untuk kalian yang belum pernah pakai cuka apel, belilah share in bottle campuran cuka apel dan air 1 : 1. Kalau kulit wajah kalian cukup tebal dan kuat bahkan udah pernah pakai cuka apel sebelumnya, bisa langsung pakai yang murni ya.

from : healthline.com

Beberapa orang ga kuat sama bau cuka apel, termasuk aku. Dulu pernah beli cuka apel murni. Niatnya mau dipakai buat toner, tapi aku bener-bener ga kuat baunya. Maka dari itu, aku pakai aja cuka apel ini sama masker bubuk yang aku punya. Dan untuk kalian yang punya masker aztec, harus pakai cuka apel murni ya, jangan yang sudah dicampur air, karena khasiatnya akan jauh lebih nendang kalo masker aztec dicampur sama cuka apel murni.

Trus gimana sih caranya pakai cuka apel dan masker bubuk andalan kita? Caranya simple banget kok.

  1. siapkan 1 sendok teh atau setengah sendok makan masker bubuk dan 1 sendok teh cuka apel, aduk merata.
  2. jika dirasa masih ada yang menggumpal, tambahkan lagi 1 sendok teh cuka apel, tapi pelan-pelan ya biar ga kebanyakan.
  3. aduk sampai sesuai yang diinginkan. 

Apa sih khasiat dari cuka apel? Cuka apel ini bagus untuk kalian yang kulitnya pengen perawatan lebih kinclong, mulus, dan bersih.

5. Air mawar
Air mawar ini kenapa ditaruh di bagian akhir? Karena air mawar itu biasanya mudah ditemui di pasaran dan juga praktis. Di sisi lain, air mawar botola bisa dipakai berkali-kali juga untuk campuran masker. Tapi kalian harus tau juga bahwa belum tentu air mawar yang ada di pasaran benar-benar 100% air mawar dari ekstrak bunga mawar murni. Jika kalian biasa beli di beberapa merk lokal
hasil UKM atau olshop, aku sudah bisa menjamin kalo air mawar yang mereka produksi benar-benar murni. Karena hasil survei di pasaran olshop, air mawar murni biasa dijual dengan harga mulai dari 25 ribu per 60ml nya. Jadi, kalo ada air mawar yang dijual di bawah harga 25 ribu per 60 ml nya, bisa jadi kandungannya didominasi oleh air, ethanol, dan ekstrak mawarnya dikiiiiiiiiiit banget.

from : medicalnewstoday.com
Air mawar bermanfaat untuk menyegarkan wajah, jadi cocok banget untuk kalian yang berkulit tipe normal to dry skin. Tapi, walaupun kulit kalian berminyak, air mawar membantu mengenyalkan kulit wajah kalian. Khasiatnya akan makin bertambah kalo dipadukan dengan masker bubuk yang kalian punya.

Cara pakainya gampang banget loh.

  1. Pertama, siapkan bahan-bahannya berupa 1 sendok teh atau setengah sendok makan masker bubuk dan 1 sendok teh atau setengah sendok makan air mawar.
  2. Campurkan bahan-bahan tersebut di dalam wadah masker. Jika dirasa masker masih menggumpal, bisa ditambahkan lagi 1 sendok teh atau setengah sendok makan air mawar.
  3. Aduk merata sampai menjadi adonan masker yang sesuai dengan keinginan kita.

Jadi, bagaimana? Kalian mau pakai bahan campuran masker yang mana? Yuk comment di bawah!

Baca Juga:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Ini 5 Bahan Campuran Masker Murah dan Mudah, Termasuk Susu!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel