-->

5 Do and Dont Cara Keramas Baik dan Benar

Merawat keindahan, kebersihan, dan kesehatan rambut yang termudah adalah dengan keramas. Disadari atau tidak, cara keramas yang selama ini kalian lakukan bisa aja salah loh girls. Kesalahan dalam keramas inilah yang mampu mengurangi manfaat dari keramas.

giphy
Berikut ini adalah do and dont caranya berkeramas dengan baik dan benar. Yuk disimak.

Do!

Memilih shampoo sesuai jenis rambut

Pastikan kalian selama ini benar dalam memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. Apakah selama ini kalian merasa rambutnya normal-normal aja? Apakah rambut kalian termasuk tipe rambut rontok? Ataukah tipe rambut dengan kulit kepala kering dan terasa gatal?

Untuk aku pribadi, shampoo yang memiliki efek segar dalam membersihkan kulit kepala dan atau mencegah rambut lepek adalah shampoo yang tepat untukku

Kalau kalian, bagaimana?

Don't!

Memakai shampoo yang salah

Jika selama ini kalian merasa rambut cepat rontok dan kulit kepala gatal hanya dibasmi dengan satu sampo pencegah rontok? Kalian salah, girls. 

Carilah shampoo yang bisa menjawab kedua masalah dari rambut kalian. Dengan mencari shampoo yang sesuai dengan masalah rambut kalian, maka akan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal daripada ketika kalian memakai produk shampoo yang salah.

Plus, jangan sering gonta ganti shampoo ya!

Do!

Teknik membasahi dan membilas rambut

Membasahi dan membilas rambut pun ada tekniknya, girls. 

Sebelum kalian keramas, pastikan kalian siapkan dulu air yang hangatnya pas di kuku kamu aka air hangat-hangat kuku. Seperti ketika kalian akan maskeran, air ini bermanfaat untuk melonggarkan pori-pori kulit kepala kalian supaya siap untuk keramas. Basahi rambut dengan air hangat-hangat kuku sampai rambut terasa kesat.

Untuk membilas rambut, siramlah dengan air suhu normal (tidak dingin dan tidak panas untuk membantu merapatkan kembali pori-pori kulit kepala yang sebelumnya terbuka.

Don't!

Berkeramas dengan suhu terlalu

Suhu yang terlalu: panas atau dingin justru menambah masalah pada kulit kepala dan rambut kalian.

Air yang terlalu dingin menyebabkan rambut tidak maksimal ketika berkeramas: bisa jadi ada sisa shampo dan kondisioner yang masih menempel di rambut kalian!

Di sisi lain, air yang terlalu panas menyebabkan rambut cepat kering dan rusak.

Do!

Pakai shampo dan conditioner secukupnya

Ambillah produk shampo dan conditioner secukupnya. Kalau dirasa masih belum tau cukupnya seberapa, kalian bisa coba tes dengan mengambil produk dari kemasan sachet.

giphy
Don't

Berlebihan dalam mengambil produk 

Mengambil produk shampoo dan conditioner yang berlebihan akan memicu minyak di kepala sehingga rambut akan menjadi lebih cepat lepek.

Do!

Teknik berkeramas

Berilah sedikit air pada shampoo yang ada di telapak tangan kalian agar sedikit berbusa. Menunduklah dan letakkan shampoo itu supaya bisa merata di kepala kalian.

Berkeramaslah mulai dari rambut bagian bawah lalu merambat ke arah kulit kepala.

Pijit-pijitlah kulit kepala dengan lembut supaya sampo bisa membersihkan kulit kepala dan menyerap dengan baik serta menutrisi akar rambut.

Don't!

Berfokus pada rambut saja

Seperti yang ada di sebelumnya, kulit kepala pun bisa saja bermasalah, bukan hanya rambut saja yang bermasalah. Maka, hindari keramas pada area rambut saja.

Lakukan pemijatan di kulit kepala agar shampo juga bisa membersihkan area kulit kepala.

Do!
Pakai conditioner

Kalian bisa memberikan nutrisi tambahan pada rambut kalian dengan menggunakan conditioner.

Pakailah conditioner pada area batang rambut hingga ujung bawah rambut. Hal ini dilakukan untuk menutrisi area tersebut.

Don't!

Conditioner tidak sama dengan shampo

Kandungan conditioner yang cenderung lebih berat karena mengandung minyak inilah yang membuat conditioner berbeda dengan shampoo. Jika conditioner digunakan sama seperti shampoo, maka kulit kepala kalian akan kembali terasa berminyak.

Maka hindari pemakaian konditioner pada area kulit kepala.

Cukup pakaikan conditioner pada area batang rambut dan ujung rambut saja, karena manfaat lain dari conditioner yaitu tidak hanya menutrisi, namun juga membantu melembutkan rambut ketika selesai dibilas.

Baca Juga:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Do and Dont Cara Keramas Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel