-->

Pemilik Kulit Sensitif Wajib Hindari 10 Bahan Skincare Ini

Penggunaan skincare seakan menjadi suatu kewajiban sekaligus merawat pemberian dari Tuhan yang Maha Esa. Tidak hanya jenis kulit normal to oily atau dry skin, namun juga bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Kulit sensitif tidak boleh sembarangan memilih skincare. Salah pilih, efeknya akan terasa pada saat itu juga.



Produsen skincare berlomba-lomba mengklaim bahwa produknya aman untuk kulit sensitif, sudah teruji di dermatologis, bahkan membeberkan kandungan utama pada produk skincare yang mereka luncurkan. Namun, sebagai customer, kita wajib teliti sebelum membeli produk-produk skiincare yang diklaim aman untuk kulit sensitif.

Berikut ini adalah 10 bahan skincare yang wajib dihindari pemilik kulit sensitif. Yuk scroll down below~

1. Alkohol

Kalian bisa menjumpai hampir di seluruh kosmetika dan skincare mengandung alkohol. Alkohol biasanya dapat ditemukan di dalam toner dan krim pelembab wajah.

Penggunaan alkohol akan mengurangi kelembaban kulit. Di sisi lain, pemilik kulit sensitif juga akan merasakan berbagai sensasi di wajah seperti terasa perih, gatal, serta terasa kering dan iritasi mulai dari yang ringan sampai iritasi berat.

2. Paraben

Setiap kosmetika dan skincare tentunya membutuhkan zat supaya tetap terjaga kualitasnya, dan paraben inilah zat untuk membantu sebuah produk dapat terjaga kualitasnya. Paraben biasanya hampir ditemukan di seluruh jenis kosmetika dan skincare, baik base skincare sampai lip skincare.

Penggunaan paraben pada kosmetika memberikan efek iritasi pada pemilik kulit sensitif. Namun jangan khawatir, girls. Kini sudah banyak kosmetika dan skincare yang tidak mengandung paraben lagi loh.

3. Parfum atau Pewangi

Siapa sangka produk dengan aroma menyengat atau aroma yang merelaksasi tubuh ketika mengaplikasikan produk skincare malah memberikan reaksi inflamasi pada kulit sensitif?

Jaringan kulit sensitif bisa rusak dan menjadi lemah akibat paparan kosmetika yang mengandung pewangi dan parfum loh. Maka sebaiknya cek dan teliti kosmetika yang memiliki aroma sangat menyengat, apakah wewangian kosmetika ini berasal dari kandungan utama skincare atau justru berasal dari parfum atau pewangi.

4. Isopropyl Myristate

Bahan kandungan skincare ini umumnya dijumpai pada produk moisturizer dan pembersih wajah berbasis oil. Sifat dari Isopropyl Myristate yang komedogenik inilah menjadi alasan yang harus dihindari bukan hanya pemilik kulit sensitif, namun juga untuk seluruh jenis kulit.

Alih-alih ingin wajah bersih, eh malah bikin komedo jadi bermunculan.

5. Sulfat

Sulfat dikenal juga dengan nama kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) dan ammomium lauryl sulfate (ALS). Produk-produk yang biasanya mengandung sulfat adalah produk sabun wajah. Sulfat sendiri adalah bahan yang membuat suatu produk menjadi lebih berbusa, atau bisa juga dikatakan sebagai detergen.

Dampak dari pemakaian sulfat pada kulit sensitif yaitu membuat keseimbangan minyak di wajah menjadi terganggu. Di sisi lain, penggunaan sulfat juga memberikan efek wajah terasa kering. Jadi, kalau kalian setelah mencuci wajah malah wajah terasa kering dan kaku ketarik, nah itu adalah salah satu akibat dari sulfat.

6. Butiran scrub atau exfoliant

Sering kita jumpai produk-produk seperti lulur dan masker mengandung butiran scrub yang kasar dan terasa besar-besar gitu. Jika wajah dengan kulit sensitif terkena butiran scrub yang keras dan besar-besar akan menyebabkan wajah menjadi makin sensitif dan efeknya bisa merusak lapisan kulit wajah.

Selain butiran scrub, bahan lain seperti exfoliant yang biasa ditemukan di toner mampu memberikan efek wajah menjadi kemerahan setelah pemakaian.

7. Coconut Oil atau minyak kelapa

Minyak kelapa yang biasanya buat masak itu girls, beda loh ya sama virgin coconut oil. Minyak kelapa yang biasanya digunakan pada pemilik kulit kering ini tidak bisa digunakan di kulit sensitif sekalipun wajahnya terasa kering dan kurang kenyal.

Sifatnya yang komedogenik sama seperti Isopropyl Myristate, maka sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung coconut oil atau minyak kelapa. Dampak lain dari penggunaan kosmetika dan produk berbasis coconut oil yaitu membuat kulit semakin berminyak dan sel kulit mati akan menumpuk sama seperti komedo yang menumpuk di area hidung.

8. Oxybenzone, Avobenzone, dan Octinoxate

Ketiga kandungan kimia ini biasanya ditemukan di dalam sunscreen atau sunblock. Fungsinya sebagai agen untuk memantulkan sinar UV. Sayangnya, tiga zat kimia ini bisa menganggu keseimbangan hormon pada wanita.

Untuk itu, solusi dalam mencari skincare untuk jenis kulit ini yaitu dengan mencari skincare berbahan baku titanium oxide atau zinc oxide.

9. Menthol atau Mint

Sensasi dingin atau cooling yang diciptakan oleh menthol atau mint memang terasa sangat nyaman di kulit. Namun, untuk kulit sensitif sebaiknya hindari kandungan mint atau menthol di dalam penggunaan skincare. Sebab, bukannya wajah terasa cool yang ada malah wajah menjadi kering dan iritasi akibat tidak kuat menahan sensasi dingin yang malah berbalik arah menjadi sensasi perih di kulit sensitif.

10. Minyak dan Ekstrak Moringa atau Biji Kelor

Terdengar bahan alamiah sangatlah cocok bagi pemilik kulit sensitif. Sayangnya tidak semua yang alamiah cocok untuk kulit sensitif. Minyak dan ekstrak moringa atau biji kelor malah memperparah kondisi kulit sensiitif. Banyak kasus iritasi pada kulit sensitif terjadi sehingga ada baiknya hindari produk-produk dengan kandungan tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemilik Kulit Sensitif Wajib Hindari 10 Bahan Skincare Ini "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel