-->

Resep Cara Membuat Hair Mask Sendiri di Rumah

Selama masa pandemi, kita makin punya kebiasaan baru selain mencuci tangan. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur dan sekitar rumah sebagai pengganti skincare dan hair treatment alami. Keadaan di masa pandemi menyulitkan kita untuk keluar rumah, sehingga mau nggak mau ya pakai aja dulu bahan yang ada di rumah.

facetofeet

Di antara banyaknya skincare dan hair treatment yang bisa digantikan sementara waktu adalah hair mask atau masker rambut. Hair mask yang selama ini kita punya memang jauh lebih praktis untuk digunakan, namun tidak ada salahnya dong mencoba bahan alami yang ada di sekitar kita sebagai pengganti masker rambut.

Berikut ini bahan dan resep membuat hair mask atau masker rambut sendiri di rumah.

1. Yoghurt

malangvoice

Untuk kalian yang biasa membuat salad buah di rumah, nggak ada salahnya memakai yoghurt untuk bahan utama dalam membuat masker rambut. Yoghurt dikenal kaya akan kandungan kalsium, kalium, dan vitamin D.

Keluhan rambut seperti efek styling dengan menggunakan catokan dan suhu panas hair dryer dapat berkurang setelah pemakaian masker rambut secara rutin. Selain itu, yoghurt bisa memacu pertumbuhan rambut supaya kembali sehat dan memiliki akar rambut yang kuat.

Resep membuat masker rambut dari bahan yoghurt yaitu dengan menyiapkan yoghurt sebanyak setengah cangkir setara 30-50 gram. 

Cara pakai hair mask dari yoghurt yaitu dengan cara mengoleskan yoghurt pada area batang rambut terlebih dahulu lalu arahkan yoghurt ke kulit kepala dan pijat secara merata. Diamkan yoghurt hair mask selama 20 menit lalu bilas deh.

2. Pisang

chiquita

Pengen nyalon tapi belum sempet ke salon karena masih PSBB? Rindu pengen punya rambut halus dan lembut untuk disentuh? Atau rambutnya stress dengan menunjukkan tanda-tanda rambut kering, dan rambut mudah patah? Tenang saja, coba tengok ke dapur dan lihat apakah ada buah pisang di sana? Sebab, buah pisang bisa membantu mengembalikan kelembutan rambut kita. Bagaimana caranya?

Siapkan 1-2 buah pisang dan 5 sendok makan bahan campuran lainnya seperti madu, santan, minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut hingga halus dan masker rambut siap digunakan. Pijat selama 5 menit di area kulit kepala dan tunggu 20-30 menit. Untuk membilas, lebih baik gunakan air hangat.

Oh iya, buah pisang juga bisa mengembalikan kondisi kulit kepala dan rambut sehatmu loh.

3. Wortel

high mowing organic seed

Masih sama seperti buah pisang, wortel juga bisa mengembalikan keadaan rambut stressmu yang ditandai dengan mudah patah, rontok, kusam, dan terasa kering. Selain itu, wortel juga bisa mengembalikan kemilau hitam rambutmu loh jika dicampur dengan madu atau minyak kemiri. 

Bagaimana cara memanfaatkan wortel untuk masker rambut?

Haluskan 1-2 buah wortel yang sudah direbus sebelumnya dan campurkan wortel itu dengan yoghurt, madu, atau minyak kemiri. Oleskan masker rambut dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. 

4. Lemon atau Jeruk Nipis

amuslima

Wortel, pisang, dan yoghurt jumlahnya terbatas? Nggak masalah. Kamu bisa membuat masker rambut dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis. Manfaat dari lemon dan jeruk nipis untuk rambut adalah membantu melembabkan kulit kepala yang terasa kering dan gatal. 

Cara membuat hair mask dari lemon atau jeruk nipis yaitu dengan menyiapkan 3 sendok makan perasan lemon atau jeruk nipis, 3 sendok makan air, dan 3 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Aduk rata dan hair mask siap digunakan. Oleskan masker ke rambut dan ratakan, lalu pijat dengan lembut. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas hingga bersih.

5. Oats

wanita22

Masalah ketombe dan kulit kepala gatal berkelanjutan? Coba cari oats di sekitar dapurmu. Oats mengandung vitamin B dan beta glucan yang bermanfaat sebagai masker rambut alternatif untuk mengobati kulit kepala yang gatal dan berketombe. Bonus lainnya yang didapat dari oat hair mask yaitu mengurangi rambut patah dan bercabang serta sebagai moisturizer alami untuk rambut.

Siapkan oats sebanyak 1 sendok makan dan campurkan oat dengan susu segar (sapi, kambing, almond) atau dengan minyak almond secukupnya. Aplikasikan oat hair mask di rambut dan tunggu 20 menit lalu bilas.

6. Kayu Manis
lazada

Rambut terasa rapuh dan mudah patah? Sepertinya kayu manis ini bisa menjadi alternatif untuk pengganti hair mask. Sebab, kandungan antimikroba pada kayu manis dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga membantu dalam menguatkan akar rambut dan mencegahnya untuk tidak mudah patah dan rapuh.

Bahan-bahan yang bisa disiapkan untuk membuat masker rambut kayu manis adalah bubuk kayu manis dan minyak kelapa dengan perbandingan masing-masing 1:1 dan campurkan kedua bahan tersebut. Aplikasikan cinnamon hair mask mulai dari bagian akar rambut dan mengarah ke luar dan diamkan 30 menit lalu bilas.

7. Lidah Buaya

naturalhealers

Tanaman hias yang kini tengah naik daun ini memang kaya akan manfaat. Tidak hanya mampu menyehatkan kulit, namun juga mampu mengembalikan kesehatan rambut dengan memberikan efek hitam kemilau pada rambut. 

Daripada hanya teronggok sebagai tanaman hias, yuk ada baiknya kita manfaatkan sebagai bahan utama dalam membuat masker rambut. Siapkan sepotong lidah buaya, kupas, dan ambil bagian dagingnya saja. Sebelum diaplikasikan ke rambut, daging lidah buaya yang sudah diambil harus dicuci terlebih dahulu. Setelah daging lidah buaya melewati proses pencucian, kalian bisa langsung memakai daging lidah buaya tersebut ke rambut kalian. Seperti memakai hair mask, tunggulah 15 menit dan bilas.

8. Alpukat
drphilmaffetone

Capek-capek ke supermarket beli alpukat ternyata rasa dan kematangannya zonk? Mau dibuang tapi kok eman-eman ya? Tenang aja! Kalian bisa pakai alpukat sebagai bahan utama untuk campuran masker rambut. 

Alpukat mampu memperbaiki rambut yang rusak akibat penggunaan styler seperti catok, rebonding, dan juga efek panas hair dryer. Untuk kalian yang memiliki masalah rambut terasa kering, alpukat juga mampu mengembalikan kesehatan rambut kalian. 

Bagaimana cara membuat masker rambut alpukat?

Siapkan setengah bagian alpukat dalam keadaan setengah matang dan bahan campurannya seperti sebutir telur, satu sendok madu, dan satu sendok minyak zaitun atau minyak almond. Jika tidak punya, kalian juga bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Campurkan bahan-bahan tersebut dan oleskan ke rambut. Sambil menunggu masker meresap selama 15-20 menit, sebaiknya kalian harus siapkan shower cap atau penutup rambut. Kemudian kalian bisa membilas rambut hingga bersih.

9. Madu
womenshealth

Stok bahan-bahan untuk membuat masker rambut yang ada di rumah jumlahnya terbatas tapi tetap kukuh ingin membuat masker rambut? Kalian bisa memanfaatkan madu yang ada di rumah kalian kok. Madu yang kental berkhasiat sebagai moisturizer alami baik untuk kulit dan rambut bisa jadi bahan utama kalian dalam membuat masker rambut terutama untuk kalian yang bermasalah dengan kondisi rambut yang kering dan terasa kasar seperti sapu ijuk. Madu juga dipercaya mampu meningkatkan folikel rambut.

Untuk membuat masker rambut berbahan utama madu, kalian bisa menyiapkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak kelapa sebagai bahan campurannya. Panaskan campuran madu dan minyak kelapa tersebut sebentar saja dan jangan lupa untuk diaduk-aduk juga ya. Ketika masker rambut ini sudah mendingin, oleskan segera ke rambut kalian. Seperti masker rambut pada umumnya, diamkan selama 30-40 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal kemudian bilas hingga bersih.

10. Teh Hitam 

kompasiana

Pengen bikin masker rambut tapi madu di rumah udah mau habis? Tenang aja, girls. Kalian bisa kok bikin masker rambut dengan bahan utama berupa teh hitam. Teh hitam dipercaya bisa membantu mengembalikan warna kemilau rambut dan juga mampu menolong kalian yang memiliki masalah rambut mudah mengembang.

Bagaimana cara membuat masker rambut dari teh hitam? Gampang saja kok girls. Siapkan seduhan teh hitam dan tunggu hingga dingin. Aplikasikan teh hitam ke seluruh bagian rambut dan tunggu 10-20 menit lalu bilas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Resep Cara Membuat Hair Mask Sendiri di Rumah"

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.

    Spesifikasi rangka tenda Roder
    1. Bentangan 10
    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
    2. bentangan 15
    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
    3. Bentangan 20
    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom).

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda.
    Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    https://tendaroderbsm.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA : @partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel